3 Cara Membuat Telur Asin Sederhana yang Enak dan Gurih

Cara Membuat Telur Asin – Brebes adalah kota yang terkenal sebagai sentra produksi telur asin. Lokasi Brebes sendiri terletak di jalur pantai utara (PANTURA) Jawa Tengah yang sudah berdekatan dengan perbatasan Jawa Barat. Bahasa yang digunakan masyarakat Brebes menggunakan bahasa Jawa Brebes dan juga bahasa Ngapak. Brebes mulai dikenal sebagai sentra telur asin sudah sejak zaman penjajahan kolonial Belanda.

Dan sejarah ini dibedah di dalam acara yang bertajuk “food story” salah satu program Kompas TV. Di dalam dialog, seorang sejarawan bernama Wijanarko mengemukakan, “menurut catatan daag register (catatan harian) di pelabuhan Tegal. Brebes sendiri sudah menyumbangkan telur bebek untuk pembuatan telur asin dari tahun 1820-an”.

Jadi, produksi telur asin yang terbesar di Nusantara waktu itu berada di kawasan Brebes dan Tegal. Dimana Brebes dan Tegal mengirimkan produksi telur asinnya ke Batavia melalui kapal untuk memenuhi kebutuhan pangan orang-orang Belanda tempo dulu.

Sejaran Penemuan Telur Asin

Telur asin
vespamaniatrg

Penemuan telur asin itu sendiri tidaklah disengaja. Pada waktu itu karena kebutuhan pangan yang sulit buat masyarakat Nusantara. Masyarakat berinovasi bagaimana cara mengawetkan suatu makanan supaya dapat dikonsumsi beberapa hari kemudian yang bisa bertahan lebih dari satu minggu.

Maka ditemukanlah inovasi pengasinan telur bebek. Pengasinan telur bebek ini tidak mengubah kadar gizi yang terdapat di dalamnya, hanya saja mengubah kadar rasa, bentuk, dan bau. Dimana sebelumnya telur bebek itu tidak ada rasa menjadi berasa asin, bentuk yang biasanya cair menjadi padat, dan bau yang biasanya amin menjadi tidak amis.

Setiap telur asin mengandung beberapa gizi, nutrisi, dan lain-lain yang dibutuhkan tubuh manusia. Telur asin adalah salah satu makanan yang lengkap akan gizi di dalamnya. Asalkan mengonsumsi telur asin masih di dalam batas normal.

Cara Membuat Telur Asin Sederhana

Telur asin ditemukan tidak sengaja dengan menggunakan teknologi pada masa itu. Di antara cara membuat telur asin secara tradisional adalah sebagai berikut :

1. Cara membuat telur asin dengan abu gosok

Cara membuat telur asin dengan abu gosok

Bahan :

  • 1.000 butir telur itik
  • 7 kg garam
  • 5 kg abu gosok
  • 10 kg tanah halus yang tidak berpasir
  • Air secukupnya

Cara membuat :

  1. Bersihkan telur itik dari segala kotoran yang menempel.
  2. Buat adonan satu bagian garam ditambah dengan satu bagian abu gosok dan satu bagian tanah. Aduk hingga rata dan tambahkan air secukupnya.
  3. Masukkan telur ke dalam adonan tadi sampai tertutup rata.
  4. Usahakan adonan tetap lembab agar garam masuk ke dalam pori-pori telur.
  5. Biarkan beberapa hari, tergantung selera asin. Jika dibiarkan 8 hari, telur sudah terasa asin, tetapi kuning telurnya belum berminyak. Telur akan sempurna asin jika dibiarkan selama 12-15 hari, bagian kuning akan tampak berminyak setelah direbus.
  6. Bersihkan telur yang sudah diasinkan, kemudian rebus dalam panci atau kuali sampai matang atau sekitar 2 jam. Angkat, tiriskan sampai dingin.
  7. Telur asin siap dikonsumsi.

2. Cara membuat telur asin dengan media penggaraman

Cara membuat telur asin dengan media penggaraman
pondokcerita-gesangsari

Bahan :

  • Telur bebek
  • Garam
  • Air
  • Wadah yang dapat ditutup rapat (toples, dan lain -lain)

Langkah-langkah membuat telur asin dengan media penggaraman menggunakan bahan yang tersedia di atas :

  1. Rendam telur bebek tersebut dalam wadah yang berisikan air  selama 2 menit. Sebelum ditutup pastikan telur bebek tersebut tidak mengambang, dikarenakan telur bebek yang mengambang mempunyai kualitas yang buruk. Jadi buang telur yang mengambang tersebut.
  2. Setelah 2 menit, angkat telur-telur bebek tersebut dan mulai dibersihkan. Syarat membersihkan telur haruslah pelan-pelan. Dan pastikan cangkang dari kulit itu tidak mengelupas untuk menjaga kualitas telur tersebut.
  3. Amplas telur bebek dengan hati -hati. Tahap ini bertujuan untuk membuka pori-pori dalam cangkang telur agar terbuka dan memudahkan proses penyerapan dalam tangap perendaman nantinya
  4. Siapkan bahan yang dapat ditutup rapat beserta air dan garam yang sudah dicampur. Tuangkan cairan tersebut didalam wadah. Pastikan sudah tercampur. Rendam telur didalam wadah selama 10-11 hari dan pastikan jarak telur dengan permukaan air sekitar 2 cm.
  5. Apabila ingin mendapatkan rasa asin yang lebih kuat, lakukan perendaman sampai 42 hari atau 6 minggu.
  6. Selama proses perendaman dalam waktu 10 hari atau yang 6 minggu lamanya. Usahakan untuk menjauhkan wadah kontak langsung dengan sinar matahari. Cari tempat yang jauh dari sinar matahari.
  7. Setelah waktu susah tercapai, angkat telur dari wadah dan mulai rebuslah telur tersebut menggunakan api kecil. Pastikan proses perebusan air tidak sampai mendidih ditakutkan dapat merusak kualitas telur.
  8. Telur bebek asin sudah siap dan dapat dipasarkan dan

3. Cara membuat telur asin dengan batu bata

Membuat telur asin dengan batu bata
pitikkedu

Bahan-bahan :

  • Telur bebek
  • Garam
  • Batu batu yang telah dihaluskan
  • Air
  • Ember

Cara membuat telur asin menggunakan media batu bata yang dihaluskan :

  • Rendam telur bebek selama 2 menit menggunakan air. Buang telur yang mengambang dan diamkan telur yang tenggelam
  • Angkat telur dan keringkan menggunakan kain atau semacamnya untuk membuka pori -pori telur supaya mudah proses penyerapannya.
  • Haluskan batu bata sehalus-halusnya. Campurkan remukan batu bata dengan air secukupnya beserta garam. Aduk menggunakan tangan dan pastikan sudah tercampur rata.
  • Bungkus telur dengan bulatan halusan batu bata yang telah tercampur dengan garam dan air tersebut. Pastikan telur terbungkus oleh bulatan batu batu setebal 3 cm.
  • Masukan bulatan- bulatan telur asin tersebut disalam ember. Susun dengan rapi.
  • Taburi ember dengan halusan batu bata secukupnya yang kemudian diamkan selama 14 hari.
  • Setelah waktu sudah cukup, kupas telur dari bulatan dan rebus telur menggunakan api kecil. Pastikan jangan sampai mendidih supaya dapat menjaga kualitas telur.
  • Telur sudah siap dihidangkan dan dipasarkan.

Penjualan Telur Asin Saat Ini

Penjualan telur asin saat ini
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Dari zaman kolonial Belanda yang menjadi konsumen terbesar produk telur asin dari Brebes sampai zaman milenial sekarang ini. Terdapat perubahan cara pemasaran produk-produk telur asin. Sekarang ini banyak pemasaran dengan mendirikan lapak di pinggir sepanjang jalan kota Brebes.

Dengan menampilkan telur-telur bertatakan rapi dengan banyaknya varian rasa di dalam kaca setiap lapak-lapak di pinggir jalan sepanjang jalan kota Brebes. Di antara pengembangan produk telur asin yang semakin berkembang. Tercetuslah berbagai ide-ide bagus yang diaplikasikan dari telur ini. Dan menghasilkan banyak varian baru seperti telur asin bakar, telur asin asap.

Inovasi Baru Pembuatan Telur Asin

Inovasi baru pembuatan telur asin
zonamakan

Cara membuat telur asin bakar dan telur asin asap hampir sama dengan proses pembuatan telur asin biasa. Tetapi hanya berbeda dengan tahap akhir yaitu dengan menambahkan proses pembakaran dan pengasapan. Yang membedakan telur asin biasa dengan telur asin bakar dan asap, terdapat pada rasa, bau dan warna.

Kalau telur asin biasa cenderung berwarna biru laut beda lagi dengan telur asin bakar yang cenderung berwarna agak hitam, dan telur asin asap yang cenderung berwarna coklat. Perbedaan bau, kalau telur asin biasa agak sedikit amis beda lagi dengan telur asin bakar dan asap yang mempunyai sensasi bau lebih gurih.

Perbedaan dalam hal rasa telur asin biasa hanya asin seperti telur asin pada umumnya. Berbeda dengan telur asin bakar dan asap yang juga mempunyai rasa lebih gurih di lidah. Dalam hal pemasaran, umumnya telur asin biasa di bandrol dengan harga 3.500 rupiah per butir dari warung-warung yang menyediakan telur asin.

Kalau datang sendiri ke peternakannya langsung biasa dibandrol 3.000 rupiah per butir lebih hemat 500 rupiah. Dan untuk varian telur asin bakar dan asap sedikit lebih mahal lebih 1.000 rupiah dari harga telur asin biasa.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara membuat telur asin beserta info telur asin yang terkait. Selamat mempraktikkan di rumah dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar